INFORMASI-INFORMASI PENTING MENGENAI AKREDITASI

1. Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Dirjen DIKTI dan Pimpinan BAN PT yang mengacu kepada implementasi dari UU pendidikan nasional no 12/Agustus 2012, sekolah-sekolah yang sudah memiliki izin penyelenggaran dari DEPAG sebelum terbitnya undang-undang tersebut, Ijazahnya dinyatakan sah oleh Negara. Sekolah-sekolah yang dimaksud adalah STT Sumatera – Medan, STT Ekklesia – Jakarta, STT Satya-Bhakti – Malang, STT Parakletos – Manado.

2. Berdasarkan surat edaran Dirjen DIKTI no 160/E/AK/2013 semua perguruan tinggi yang sudah menyerahkan borang-borang tapi belum divisitasi mendapatkan status akreditasi C. Jadi, di GSJA yang sudah terakreditasi adalah STT Sumatera – Medan, STT Ekklesia – Jakarta, STT Satya Bhakti – Malang, dan STT Parakletos – Manado. Keempat sekolah ini di dalam posisi menunggu visitasi dari BAN PT.

3. Berdasarkan hasil visitasi, ada 3 STT yang sudah mendapat akreditasi 5 tahun, yaitu: STT Berea – Salatiga, STT Intheos – Solo dan STIPAK Duta Harapan – Malang.

4. Ada 5 sekolah Alkitab yang belum mendapat Surat Izin Penyelenggaraan dari DEPAG, tapi dinaungi secara resmi oleh Departemen Pendidikan Pelayan Injil GSJA, yaitu: Akademi Theologia Amanat Penuaian Terakhir (AT APT) – Jakarta, Sekolah Alkitab Taman Injil (SATI) – Palu, IIII (I4) – Kupang, Sekolah Theologia Apostolk Talitakum (STAT) – Palopo, dan Sekolah Theologia Maluku (STEMA) – Ambon. Khusus STEMA – Ambon, pimpinan sekolah sudah mempersiapkan proses pengajuan Surat Izin Penyelenggaraan ke DEPAG.

5. Ujian Negara bukanlah sebuah keharusan bagi pelayan-pelayan Injil yang melayani dalam ruang lingkup gerejani. Rekan-rekan dapat melayani dengan optimal sesuai karunia-karunia yang Tuhan percayakan untuk merintis dan menumbuhkembangkan gereja Tuhan. Bagi mereka yang memiliki visi untuk mengajar di sekolah negeri atau melamar di perusahaan-perusaan yang menempatkannya sebagai persyaratan, barulah ijazah negara merupakan nilai tambah.

Jika ada yang membutuhkan informasi tambahan, silakan menghubungi Pdt Gani Wiyono (Direktur Departemen Pendidikan Pelayan Injil) di no 0818535622 atau Pdt A. Mulyanto (Pembina DPPI) di no 081218115566.